Rabu, 22 November 2017

Sejarah Dari Telepon Genggam dan Smartphone

Dalam satu dekade terakhir, smartphone tak ayal jadi perangkat yang bikin kita kecanduan. Bahkan saat ini, kita jarang menemui orang yang tak memiliki smartphone, dan semua aspek kehidupan dilakukan via gadget canggih tersebut.

Kini, terasa mustahil kita bisa hidup tanpa smartphone. Tentu tangan kita akan serasa gatal jika tak mengutak-atik smartphone semenit saja. Tak heran kita bisa mengeluarkan smartphone dari tas atau saku celana kita puluhan kali tiap harinya.

Sejarah Dari Telepon Genggam dan Smartphone

Namun seberapa kenal Anda dengan perangkat canggih ini? Berikut beberapa fakta unik dan mencengangkan soal smartphone, sekaligus memuat sejarah unik dari benda canggih ini. Ponsel pertama yang ada di dunia adalah Motorola Dyna TAC 8000X. Smartphone ini diciptakan oleh Martin Copper, insinyur senior di Motorola, pada tahun 1983.

cara hp
cara cek
dp bbm
dp bbm bergerak
cara cek
dp bbm lucu
dp bbm
harga mobil
daftar harga
resep masakan
desain rumah
rumah minimalis
contoh rumah
gambar rumah minimalis

Ponsel ini hanya bisa menyimpan 30 kontak, memiliki berat 1,1 kilogram, dan memiliki baterai yang memberi waktu telepon 30 menit.

Harganya? 3.999 dollar, atau lebih dari 50 juta Rupiah, ketika itu. Panggilan telepon pertama dari ponsel adalah telepon dari Martin Copper, sang insinyur Motorola, ke Dr. Joel S. Engel dari Bell Labs. Momen ini terjadi pada 3 April 1973, ketika Motorola Dyna TAC masih dalam pengembangan.

Smartphone yang paling pertama lahir di era milennials lahir, yakni 16 Agustus 1994. Ini adalah smartphone dengan nama kode "Angler" buatan IBM.

Smartphone ini akhirnya diberi nama "Simon Personal Communicator", dan jadi ponsel layar sentuh pertama yang dipasarkan.

Ponsel ini dilengkapi dengan stylus untuk pengoperasian, serta berbagai fungsi seperti kalender, kalkulatorm buku alamat, serta notepad. Di awal pengembangan smartphone beberapa tahun lalu, terkena hujan sedikit ponsel akan konslet. Namun berbeda dengan ponsel atau smartphone buatan negeri Sakura Jepang. Hampir 90 persen smartphone buatan Jepang dilengkapi dengan fitur anti-air. Tak ada alasan tertentu, orang Jepang memang lebih suka smartphone yang 'kuat'.

Di tahun 2012, Apple mencetak rekor penjualan iPhone yang luar biasa. Penjualan iPhone 5 pada 14 minggu pertama setelah diluncurkan, melampaui angka 37,04 juta unit.

Jika diletakkan dalam perspektif, Apple menjual 262 unit iPhone 5 tiap menitnya, atau 4 unit tiap detiknya. Bagi mereka kaum papan atas yang bahkan smartphone paling canggih pun tak dianggap mewah, Apple memberi mereka opsi smartphone mewah.

Apple meluncurkan iPhone 5 yang secara keseluruhan dilapisi dengan berlian hitam 26 karat.

Harganya? 15,3 juta Dollar yang setara lebih dari 200 milyar. Ini adalah smartphone termahal di dunia. Jika ada pertanyaan manakah yang lebih baik antara Android dan iOS, pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab dalam konteks. Jika dilihat dari penjualan terbanyak, Android menang besar.

Menurut comScore, Android memiliki market pasar sebesar 82,8 persen dari seluruh pengguna smartphone. Angka hampir 20 persen dari pengguna iOS sendiri sebenarnya sama sekali tak buruk, mengingat iOS hanya diusung oleh satu produsen, yakni Apple.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

desaincatrumah.com carstren.com urumahminimalis.com dpbbmbaru.com baktikita.com lensarumah.com dpbergerak.xyz contohrumah.com caraceks.xyz hargaonline.xyz caratips.xyz situsresep.xyz dplucu.xyz carahp.xyz postekno.com